Pentingnya Vaksin Pediacel untuk Kesehatan Anak


Vaksin pediacel merupakan vaksin kombinasi baru yang dibuat dengan gabungan dari beberapa jenis vaksin agar bisa diberikan dalam satu kali suntikan. Vaksin ini gabungan dari vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus) dengan dengan HiB (haemophilus influenzae tipe B), HB (Hepatitis B), dan juga IPV (inactive polio vaccine). Pemberiannya bisa dilakukan pada bayi usia 2, 4 dan 6 bulan, serta usia 18 bulan.

Tujuan Pemberian Vaksin Pediacel

Tujuan dari pemberian vaksin kombinasi ini adalah untuk mengurangi waktu vaksinasi, mengurangi jumlah suntikan pada bayi muda, mempermudah pemberian vaksin mengurangi jumlah kunjungan pengobatan dan lebih murah dibandingkan pemberian vaksin terpisah.Sehingga dalam sekali suntikan bisa mencegah beberapa penyakit di atas.

Kegunaan Vaksin Pediacel

Seperti yang sudah disinggung di atas, vaksin pediacel itu berupa kombinasi dari vaksin DPT, HiB, HB dan IPV. Sehingga kegunaan vaksin tersebut bisa mencegah keenam penyakit penyakit tersebut. Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut :

Difteri

Difteri merupakan salah satu jenis penyakit menular yang sangat berbahaya yang mewabah di Indonesia. Penyakit ini menginfeksi tenggorokan atau mukosa saluran pernapasan.Gejala penyakit ini hampir sama dengan peradangan pada amandel, pilek, dan batuk pada anak. Namun jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa menjadi sangat berbahaya dan memicu kematian.

Pertusis

Pertusis atau batuk rejan adalah penyakit batuk yang sangat serius. Bayi yang terkena infeksi ini memerlukan perawatan yang tepat karena dapat menyebabkan komplikasi dan sangat mudah menular. Efek komplikasi pertusis antara lain dehidrasi, infeksi telinga, pneumonia, dan gangguan sistem saraf.

Tetanus

Bakteri Clostridium tetani bisa menyebabkan infeksi tetanus. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi jika masuk ke dalam tubuh. Biasanya bakteri masuk melalui luka yang terbuka dan tidak ditangani dengan baik.

Bakteri tersebut dapat menghasilkan racun yang berbahaya bagi tubuh. Bahkan, infeksi yang sangat parah bisa menyebabkan kesulitan bernapas, detak jantung yang sangat kuat, kejang otot, dan pneumonia yang bisa berakibat fatal.

HiB

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri ini biasanya menyerang saluran pernapasan, otak, dan juga tulang. Bayi dan anak-anak sangat rentan terserang bakteri ini. hal tersebut dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya masih lemah. 

Namun, untuk orang dewasa yang sistem imunitasnya lemas, juga rentan dengan bakteri ini. Infeksi Haemophilus influenzae tipe B juga dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti pneumonia, epiglotis, dan meningitis.

Hepatitis B

Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis B yang menyerang hati dan sangat mudah untuk menular. Infeksi virus hepatitis B dapat berlangsung selama 6 bulan dengan gejala ringan dan seringkali tidak terlihat serius.

Namun, Anda harus waspada. Setelah 6 bulan pertama, penyakit ini dapat berkembang dengan sangat cepat. Faktanya, hepatitis B adalah penyakit menular kronis yang dapat bertahan seumur hidup dan dapat menyebabkan komplikasi serius seperti kanker hati, jika tidak ditangani dengan serius.

Polio

Polio disebabkan oleh virus yang menyerang jaringan saraf dan sumsum tulang belakang, menyebabkan penderita polio mengalami kelumpuhan permanen. Polio dapat ditularkan melalui kontak dengan air liur, lendir, dan feses penderita polio. Meski jumlah kasus polio sudah menurun, Anda tetap perlu mewaspadai penularan polio untuk bayi Anda.

Efek Samping Vaksin Pediacel

Tidak hanya kegunaannya saja yang penting untuk diketahui. Tetapi, Efek samping dari pemberian vaksin ini juga harus diperhatikan. Adapun efek samping yang dirasakan tidak berat, seperti demam ringan mungkin terjadi pada sebagian kecil bayi, rewel, nyeri kemerahan dan pembengkakan pada area suntikan, dan juga kehilangan nafsu makan.

Sebelum memberikan vaksin pediacel untuk bayi Anda, ada baiknya Anda menggunakan aplikasi halodoc untuk bisa mencari klinik terdekat di area Yogyakarta, yang mempunyai stok vaksin Yogyakarta dengan lengkap. Sebab, saat ini sudah banyak vaksin kombinasi palsu yang beredar dipasaran.

Tidak ada komentar untuk " Pentingnya Vaksin Pediacel untuk Kesehatan Anak "